Selasa, 20 Februari 2018

Kuliner Jaman Old vs Jaman Now Yang Wajib Kalian Coba

Halo guys!! kali ini kita  bakal ngasih tau kuliner jaman old vs jaman now yang wajib kalian coba. Tanpa sadar kuliner-kuliner yang pernah kalian coba waktu kecil sekarang hadir kembali dengan variasi baru yang lebih menarik. Berikut selengkapnya.



1. Es cendol >< Thai tea 


Minuman yang berasal dari berbagai daerah di Jawa dan Sunda ini ngga kalah menyegarkan dari Thai Tea dari  Negeri Pagoda. Minuman yang sedang digandrungi remaja ini harus kalian coba nih guys!!! Harganya sekitar Rp.10.000-20.000. Ngga terlalu menguras kantong kan guys😃  





2. Bolang-baling >< Churros 
Kuliner Indonesia yang mirip dengan makanan luar negeri selanjutnya adalah bolang-baling. Camilan yang mirip dengan donat ini memang masih banyak dijumpai, tapi keberadaannya pun mulai diabaikan seiring datangnya pesaing donat kering asal Spanyol, Churros. Padahal, kalau membandingkan soal rasa, bolang-baling pun nggak kalah enak dari churros. Setiap kali menggigit bolang-baling, kamu akan menemukan sensasi kue donat yang lembut dengan tekstur crunchy dan manis di luar. Kalian juga harus coba nih guys.
3. Sate ayam >< Sate taichan
 
Tidak sulit menemukan sate ayam di Indonesia. Hampir di setiap daerah pasti memiliki kuliner ini. Hanya saja, beberapa tahun belakangan, nama sate ayam mulai tergeserkan dengan kemunculan sate taichan. Meski sama-sama berbahan dasar ayam, sate ayam memiliki cita rasa khas Indonesia dengan adanya bumbu kacang, irisan cabai dan bawang merah. Sedangkan sate taichan memiliki cita rasa pedas, asam, dan asin. Kalian harus coba nih guys.
4. Cilok ><Tteokbokki
Cilok alias aci dicolok merupakan jajanan khas Jawa Barat. Kuliner Indonesia ini terbuat dari tepung tapioka dan disajikan dengan sambal kacang, saus, dan kecap. Nggak sulit menemukan jajanan ini, biasanya dijual di depan sekolah atau pun pusat kuliner kaki lima. Hanya saja, nama cilok masih kurang prestige dibandingkan tteokbokki. Meski memiliki kemiripan, nyatanya Tteokbokki lebih menarik dicari. Jajanan/cemilan dari korea selatan yang cara pembuatannya berasal dari tepung beras dengan saus tomat dan ditaburi biji wijen ini sedang buming dikalangan anak remaja.
5. Aneka mie yang berasal dari berbagai daerah Indonesia >< ramen
Hayo, mau pilih mie ongklok atau ramen? Di Indonesia, kita bisa dengan mudah temukan berbagai kuliner mie seperti mie ongklok, bakmi jawa, mie tie-tie Semarang, mie Aceh, mie celor, mie kocok, atau pun mie kopyok. Sayangnya, aneka mie ini kurang bisa menjadi perhatian seperti mie ramen. Ramen khas Jepang atau pun Korea malah lebih banyak dilirik. Selain rasanya yang enak mie ramen juga sedang hits dikalangan anak remaja sehingga banyak peminatnya.
6. Arem-arem >< onigiri 
Makanan berikutnya adalah arem-arem vs onigiri. Keberadaan jajanan ini semakin sulit ditemui. Mungkin, kamu hanya bisa menemui di lokasi penjual jajanan pasar. Sedangkan onigiri, makanan asal Jepang yang terbuat dari nasi menyerupai arem-arem, lebih mudah ditemui di restoran Jepang yang ada di mall atau pun di minimarket.
7. Es tung-tung >< bongeoppang 

Es tung tung atau es puter merupakan es krim yang dibuat dari bahan dasar santan. Es krim yang disebut juga dengan es dung dung atau es tong tong ini memiliki tekstur yang lebih kasar daripada es krim pada umumnya. Es krim ini dibuat dengan cara tradisional pada tabung yang diputar-putar di dalam es batu dan garam. 
Nah, biasanya es tung tung disajikan di atas cup atau pun cone es krim berwarna-warni dengan rasa gurih. Es tung tung dengan cone warna warni ini pun mulai diabaikan seiring kedatangan es krim  dengan tampilan berbentuk ikan, bungeoppang asal Korea Selatan. 
8. Kue pancong >< dorayaki
Kue ini terbuat dari campuran adonan terigu dan kelapa. Proses mengolahnya pun mudah, cukup dipanggang di atas bara api, kemudian disajikan dengan taburan gula halus. Kalau di Jakarta disebut kue pancong, maka di Bandung kue ini dikenal dengan sebutan bandros. Sedangkan di Semarang, kue ini bernama, gandos. Ada juga yang menyebutnya kue rangi. Tekstur kue yang kenyal dan lembut memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kelapanya. Taburan gula pasir di atasnya menciptakan kombinasi yang sempurna antara gurih dan manis. Kini telah hadir di Indonesia kue dorayaki dari Negeri Tirai Bambu, Jepang. Namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita karena dorayaki adalah makanan kesukaan salah satu serial anak-anak Doraemon.
9. Jus Mangga >< Mango Thai
 
Cukup mangga, air, es, gula atau susu putih, diblender, jadilah jus mangga. Fix seger banget, apalagi diminum siang bolong di tengah Gurun Sahara.
Eh tapi, sekarang udah enggak zaman lah mangga cuma di jus. Sekarang kan zamannya mango thai, sama sama jus mangga sih tapi kan kalau kata kaum milenial beda, ini lebih kekinian. Jus mangga ditambah whipped cream, es mangga, potongan buah mangga, jadi deh mango thai.
    Tentu, rasanya lebih kaya dari jus mangga biasa karena pas disedot, campuran jus mangga, es mangga dan whipped cream nya tuh berantem di mulut. Enak. Selain segar dan enak, mango thai ini juga bikin kenyang. Satu gelas mango thai bisa buat dua orang, saking banyaknya. Udah pasti harganya lebih mahal dari jus mangga biasa, kalau kita beli jus mangga harganya cuma Rp 10 ribu - Rp 20 ribu. Nah kalau mango thai ini, yang paling murah harganya Rp 25 ribu - Rp 60 ribu.



    Waaah, ternyata kuliner-kuliner lama ini sekarang makin menggiurkan, yah. Kuncinya memang ada di variasi topping yang beraneka ragam. Perpaduan antara resep tradisional dan rasa unik dari negara asing, dipadukan dengan penyajian yang lucu menghasilkan kuliner baru yang luar biasa lezat sampai sayang rasanya untuk dimakan. Hihihi, jadi laper. Kalau kamu, apa sih jajanan tradisional atau jajanan modern yang ngehitz favoritmu? komen disini, yah! Sekian, Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Town Template by Ipietoon Cute Blog Design