Jumat, 16 Maret 2018

Berbagai Macam Sambal Di Dunia Yang Dijamin Enak

Sriracha - Thailand

Hasil gambar untuk sriracha

Sriracha merupakan sambal fermentasi asal Thailand. Bahannya adalah cabai, bawang putih, cuka, garam, dan gula. Sambal ini berbentuk saus kental. Cita rasanya pedas dan asam dengan aroma bawang putih yang kuat.

Gochujang - Korea Selatan

Hasil gambar untuk gochujang

Saus sambal berwarna merah cerah ini diketahui berasal dari Korea Selatan. Memiliki cita rasa manis pedas yang menyengat, saus ini berbahan cabai merah, beras ketan, serta fermentasi kedelai. Selain sebagai pelengkap, gochujang juga digunakan untuk bumbu beberapa makanan seperti tumisan atau sup.

Salsa - Meksiko


Sambal Meksiko ini diketahui memiliki cita rasa asam pedas hingga sangat pedas. Sambal ini disajikan dalam dua bentuk, yang pertama digiling halus menjadi saus. Serta dapat pula dipotong-potong dan dicampur dengan bahan lain seperti tomat hijau, jagung pipil, serta bawang bombay.

Chili Oil

Hasil gambar untuk chili oil

Chili oil sangat populer di Jepang dan China. Sambal ini terbuat dari cabai kering atau cabai segar yang digiling dan dicampur dengan minyak. Jika di China sambal ini menggunakan lada Sichuan sebagai campuran, sedangkan versi Jepang menggunakan bawang putih dan jahe.

Wasabi - Jepang

Hasil gambar untuk wasabi

Makan makanan jepang seperti sushi dan sashimi, selalu disajikan dengan sambal satu ini. Wasabi punya cita rasa yang unik. Begitu menyentuh lidah, kayaknya ada sedikit 'ledakan' yang langsung menghangatkan mulut dan disertai sedikit rasa manis. Tapi sambal yang berbentuk pasta hijau muda tersebut, bukan berasal dari cabai seperti sambal pada umumnya melainkan dari tanaman wasabi yang sekeluarga dengan tanaman brokoli dan kubis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Town Template by Ipietoon Cute Blog Design